Pjs. Gubernur Dr. Drs. A. Fatoni, M.Si siap laksanakan dan Kawal Instruksi Mendagri Nomor 6 Tahun 2020

Manado 21/11/2020 - Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan instruksi bagi kepada seluruh Kepala Daerah untuk menegaskan konsistensi kepatuhan protokol kesehatan dan mengutamakan keselamatan rakyat.

Arahan tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri 6/2020 tentang Penegakan Protokol Kesehatan Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)

Instruksi tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo (pada rapat terbatas awal pekan ini. Jokowi memang meminta Menteri Dalam Negeri untuk memberikan teguran kepada kepala daerah yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan.

Dalam instruksi tersebut, disebutkan bahwa pandemi Covid-19 merupakan bencana non alam yang bersifat global dan nasional. Maka dari itu, dibutuhkan kerjasama seluruh elemen masyarakat untuk menghadapi masalah ini.

Yang Selanjutnya ditindaklanjuti oleh Pjs.Gubernur Sulawesi Utara Dr. Drs. A. Fatoni, M.Si yang mengatakan "Kami siap melaksanakan dan mengawal aturan dan ketentuan dari Mendagri karena Indonesia merupakan negara hukum, artinya punya aturan dan ketentuan yang wajib diikuti dan diterapkan warga sekalipun Pemerintah"

Dokumen Instruksi Mendagri Nomor 6 Tahun 2020

download disini

9334 Komentar